Selasa, 17 Maret 2009

Whizzkid


Baru-baru ini (2006), Whizzkid meluncurkan album teranyar mereka, SATU NAFAS CINTA, yang mereka yakini siap untuk berlaga kembali, khususnya di kancah musik rock tanah air. Tiga cabang musik kemudian mereka klaim menjadi ramuan manis dalam album ini, yakni, ballad, funky dan blues.

Di tahun '90-an, Whizzkid termasuk salah satu grup band rock yang tenar. Para personel grup Whizzkid, yakni Andi M. Yusuf alias Achonk (bas), Andi M. Hidayat alias Ayat (gitar), Muhammad Idrus alias Agil (drum) dan Henky Supit (vokal), saat itu mampu mengukuhkan diri sebagai grup band rock tanah air yang layak diperhitungkan.

Setelah sang vokalis, Henky Supit hengkang,Whizzkid memang sempat vakum lama. Posisi Henky sempat diisi oleh Benny, yang tak berapa lama kemudian digantikan oleh Salim Affian alias Salim, hingga saat ini.

Warna vokal Salim, menurut para personel Whizzkid, dianggap mampu untuk menggantikan posisi Henky, dengan ciri khas vokalis grup band rock di era '90-an, yakni dengan suara vokal yang tinggi melengking.

Dalam album terbaru ini, mereka juga menghadirkan empat judul lagu yang dulu pernah menjadi hit di radio. Lagu-lagu tersebut adalah PERCAYALAH, 4 TAHUN, LEPASKAN dan BIAR KUTEMUI. Keempat lagu itu diaransemen dengan menyesuaikan pada kebutuhan pasar musik masa kini.

"Karena sudah lama absen, maka dengan keempat lagu tersebut kami berusaha mengingatkan kembali kehadiran kami kepada penggemar Whizzkid khususnya, pecinta musik Indonesia umumnya," begitu penuturan Achonk dan Ayat, selaku pendiri grup Whizzkid.

Sejak mengawali karirnya di blantika musik Indonesia, Whizzkid cukup rajin mengikuti festival. Mereka pernah menjadi juara festival rock Jakarta, yang kemudian dilanjutkan ke festival tingkat nasional, festival rock yang diadakan Log Zhelebour, promotor dan produser musik rock. Gelar juara ke-2 untuk 'best performance' dan 'best vocalist' (Henky) juga pernah mereka raih.

Lagu NYANYIAN KEHIDUPAN, berhasil menjadi bagian dari album kompilasi Festival Rock IV, yang dirilis tahun 1991. Tahun berikutnya, mereka diasuh oleh gitaris Godbless, Ian Antono. Single yang direkam waktu itu adalah PERCAYALAH. Tahun 1994, mereka masih dalam asuhan Ian Antono dan mengeluarkan album Gadis Kecil.

Saat karir musik mereka semakin maju, Whizzkid mengalami guncangan. Henky Supit, vokalis mereka, memilih jalur musik solo. Posisi Henky kemudian digantikan oleh Benny.

Tahun 1997, dengan vokalis Benny, Whizzkid sempat meluncurkan album Langgam Cinta. Setelah itu, tepatnya tahun 2000, Whizzkid masih sempat menelorkan album Whizzkid 2000. Album inilah yang menjadi album terakhir mereka, hingga sekarang.

Kini, Whizzkid kembali dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa mereka masih mampu memberikan yang terbaik bagi penggemar mereka. Album Satu Nafas Cinta, mereka harap bisa mengembalikan grup Whizzkid ke posisi yang dulu mereka pernah raih. Semoga. (rea/bun)

Whizzkid - Gadis Kecil
Whizzkid - Percayalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar